Sabtu, 25 Agustus 2012

Pengertian Ilmu Tauhid


PENGERTIAN ILMU TAUHID


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Ilmu Tauhid secara umum diartikan dengan ilmu yang membicarakan tentang cara-cara menetapkan aqidah agama dengan menggunakan dalil-dalil yang meyakinkan, baik dalil naqli, dalil aqli maupun dalil perasaan (wujdan). Sarjana barat menterjemahkan Ilmu Tauhid ke bahasa mereka dengan “Theologi Islam”. Secara etimologi “Theologi” itu terdiri dari dua kata yaitu “theos” berarti “Tuhan” dan “Legos” berarti ilmu. Dengan demikian dapat diartikan sebagai ILMU KETUHANAN. Sedangkan secara terminologi (istilah), theologi itu diartikan :
1. “The discipline which concert God or Devene Reality and Gods   Relation to the world”, maksudnya suatu pemikiran manusia secara sistematis yang berhubungan alam semesta.
2. “Sciense of religion, dealing therefore with God and Man in his relation to God”, maksudnya pengetahuan tantang agama yang karenanya membicarakan tentang Tuhan dan Manusia serta manusia dalam hubungannya dengan Tuhan.
3. “The sciense which treats of the facts and fenomena of religion and the relationship between God and Man”, maksudnya ilmu yang membahas fakta-fakta dan gejala agama dan hubungannya antara Tuhan dan Manusia.
Dari beberapa pengertian di atas dapatlah disimpulkan bahwa theologi itu merupakan ilmu yang membicarakan tentang Tuhan dan hubungannya dengan manusia, baik berdasarkan kebenaran agama (wahyu) ataupun berdasarkan penyelidikan akal murni.
Inilah sebabnya theologi itu bukan hanya berupa uraian bersifat pikiran tentang agama semata (the intelectual expression of religion) tetapi dapat juga bercorak agama (reaviled theologi) or (filosophical theologi). Untuk itu siapa saja bisa menyelidiki sesuatu agama dengan semangat penyelidikan bebas tanpa harus dari orang-orang yang beragama tersebut atau mempunya hubungan dengan agama yang ditelitinya.
Ilmu Tauhid ini juga sering dinamakan dengan Ilmu Kalam, Ilmu Ushuluddin dan Ilmu Aqaid. Disebut Ilmu Tauhid karena tujuan pokok ilmu ini adalah meng-ESA-kan Tuhan (Allah) baik zat, sifat maupun af’alnya (perbuatanNya).
Disebut Ilmu Kalam karena :
  1. Pembicaraan pokok yang dipersoalkan pada permulaan Islam adalah firman (kalam) Allah yaitu Al-Quran, apakah ia makhluk diciptakan (non azali) atau tidak diciptakan (azali).
  2. Dasar pembicaraan Ilmu Kalam adalah dalil-dalil akal pikiran sehingga kelihatan mereka ahli bicara. Dalil naqli baru digunakan sesudah ditetapkan kebenaran persoalan dari segi akal pikiran.
  3. Pembuktian kepercayaan agama sangat mirip dengan falsafah logika, maka untuk membedakannya disebut dengan Ilmu Kalam.
Disebut Ilmu Ushuluddin (ilmu aqaid) karena pokok pembicaraannya adalah dasar-dasar kepercayaan agama yang menjadi pondasi agama Islam.
Ilmu Kalam menjadi ilmu yang berdiri sendiri, mulai masa pemerintahan Daulah Abbasyiah (Khalifah Al-Makmun) ketika Mazhab Mu’tazilah menjadi Mazhab negara. Mazhab ini telah mempelajari filsafat dan memadukan metodanya dengan metoda Ilmu Kalam. Sebelumnya ilmu yang membicarakan kepercayaan masih disebut dengan “al-fiqhu fi ad-din”, sebagai imbangan ilmu fiqh yang dinamakan dengan “al-fiqhu al-ilmi”. Imam Hanafi sendiri menamakan bukunya tentang kepercayaan itu dengan “al-fiqhu al-akbar”.
Pemakaian theologi Islam untuk Ilmu Kalam masih dapat dibenarkan karena pengertiannya tidak berbeda, sebab Ilmu Kalam membicarakan Wujud Tuhan, Sifat-Sifat Wajib, Sifat Jaiz (boleh) dan Sifat Mustahil pada Tuhan. Membicarakan Wujud Rasul, dengan Sifat-Sifatnya baik Wajib, Jaiz dan Mustahil pada mereka.
Juga dibicarakan tujuan ke-utus-an mereka, pertanggungan jawab manusia di akhirat, balasan dan siksaan, semua itu bisa dicapai dengan dalil pikiran yang yakin dan intuitif. Di samping itu juga Ilmu Kalam memberi alasan akan kebenaran kepercayaan tersebut serta membantah orang yang mengingkarinya dan yang menyeleweng daripadanya.
Jadi pengertian Theologi Islam dan Ilmu Kalam memiliki kesesuaian makna. Adanya kepercayaan kepada Tuhan dan segala sesuatu yang bertalian dengannya, hubungan Tuhan dengan alam semesta dan manusia, disamping kepercayaan kepada soal-soal gaib lainnya yang kadang-kadang akal manusia itu tidak mampu lagi menjangkaunya. 


Ilmu Tauhid — Presentation Transcript

  • 1. ILMU TAUHID Pengertian, Pembahasan, Kedudukan, Hukum, dan Atsarnya dalam Kehidupan.
  • 2. Pengertian ( Ma’na ‘ilmi-tauhidi` ) Ilmu yang membahas tentang pengokohan keyakinan agama yang dilandasi dalil-dalil naqli maupun aqli , sehingga dapat menghilangkan segala keraguan.
  • 3. Bidang Pembahasan ( Majaalaatuhu ) Bidang pembahasan Ilmu Tauhid adalah arkaanul iimaani. Enam Rukun Iman: Iman kepada Allah Iman kepada rasul-rasul Allah Iman kepada kitab-kitab Allah Iman kepada malaikat-malaikat Allah Iman kepada hari akhir Iman kepada kepada takdir Allah
  •  Allah swt berfirman:
    Rasulullah saw. ditanya tentang iman, beliau menjawab,
    أنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ.
    “Iman adalah engkau membenarkan dan meyakini Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan taqdir baik maupun buruk.” (HR. Muslim).
  • 4. Kedudukan Ilmu Tauhid ( Makaanatuhu ) Ilmu Tauhid adalah ilmu yang paling mulia ( asyraful ‘uluumi ). Hal ini disebabkan dua hal: Pokok pembahasannya adalah tentang ALLAH rabbul ‘alamiin ( asyraful maudhuuin ) Manfaatnya amat luhur ( asyraful manfa’atin ), yakni kebahagiaan ( as-sa’aadah ) yang hakiki.
  • 5. Hukum Mempelajarinya ( Hukmu ta’allumihi ) Hukum mempelajarinya adalah fardhu ‘ain. Karena tujuan dari ilmu ini adalah al-iqtinaa’ul qalbiyyu wal ‘aqliyyu bishihhatil Islaami (keyakinan / kepuasan hati dan akal terhadap kebenaran Islam). Mempelajari lebih dari itu hukumnya fardhu kifayah.
  • 6. Al-Qur’an adalah kitab Tauhid terbesar Pembahasan utama dalam al-Qur’an adalah tauhid. Tidak ada satu halaman pun di dalamnya—dari awal hingga akhir—kecuali berbicara tentang tauhid. Bahkan dapat dikatakan bahwa ayat-ayat yang turun sebelum hijrah (ayat-ayat makiyyah) seluruhnya berisi tauhid dan yang terkait dengannya.
  • 7. Sikap kaum Muslimin terhadap Tauhid Sejarah mencatat bahwa saat kaum muslimin penuh perhatian terhadap tauhid ( ihtimaamu bihi ) , maka pada saat itulah mereka akan memperoleh kemuliaan ( al-izzah ) dan kepemimpinan ( as-siyaadah ). Namun, saat mereka mengabaikannya ( ihmaaluhu ), maka pada saat itulah mereka akan memperoleh kehinaan (ad-dhillah) dan kekalahan ( al-inhizaamu ).
  • 8. Urgensi Ilmu Tauhid Syarat diterimanya amal ( min syuruuthi qabulul ‘amali ) adalah Iman dan Islam. Pintu iman dan Islam adalah dua kalimah syahadah. Dua kalimah syahadah adalah tauhid itu sendiri. Jadi, ilmu tauhid itu sangat penting, karena menjadi pengantar bagi diterimanya amal.
  • 9. Iman adalah asas Amal Allah tidak menerima amal kecuali dari orang-orang mu’min. Orang-orang yang tidak beriman ketika beramal tidak mengharap pahala dari-Nya; tidak takut pada-Nya; tidak menginginkan keridhoan-Nya; tidak peduli apakah yang mereka lakukan itu halal atau haram. Allah menyebutkan tentang hal ini dalam firman-Nya: QS. 25: 23; QS. 14: 18; QS. 24: 39).
  • 10. Pintu Islam Dua kalimah syahadah adalah pintu masuk Islam. Syahadat tidak akan sempurna jika seseorang tidak mengetahui ilmu tauhid. Jadi, ilmu tauhid adalah ilmu yang penting meneurut ajaran Islam.
  • 11. Atsar Tauhid dalam Kehidupan Akibat negatif bodoh terhadap Ilmu Tauhid: Tidak memiliki orientasi hidup (QS. 47: 12) Tertipu oleh dunia yang fana. Merajalelanya kemaksiatan dan kerusakan (QS. 30: 41). Atsar Tauhid dalam kehidupan: Memiliki orientasi hidup yang jelas. Tauhid melahirkan kedamaian diantara manusia. Membuka pintu kebaikan.
  • 12. Semoga ALLAH menjadikan kita orang-orang yang bertauhid….insya Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar